Sabtu, 12 Juni 2010

Pengenalan JOOMLA

0 komentar
Pengenalan JOOMLA

Joomla
, sebuah nama yang terkenal di kalangan pengguna internet maupun programmer web. Joomla mulai terkenal sejak tahun 2005. Kegunaan Joomla adalah sebagai CMS portal yang berguna menyederhanakan proses pendesainan, pengembangan, dan maintenance sebuah web portal. Tidak hanya itu, Joomla juga memungkinkan web portal memilki tampilan yang lumayan menarik, bahkan dalam konfigurasi standar sekalipun.

Walaupun kita merasa tidak memiliki kemampuan teknis desain web maupun pemrograman web, kita tetap dapat membuat portal yang tidak buruk, dan dengan struktur yang amburadul sekalipun. Karena menggunakan CMS portal, kita dapat dengan mudah menambahkan isi ke dalamnya atau mengubah tampilan portal dalam sekejap. Hal ini dapat dilakukan bahkan ketika kita tidak memiliki skill yang tinggi, atau dengan kata lain masih pemula (beginner), tapi jika kita memiliki skill yang tinggi, tentunya akan lebih bisa memanfaatkan Joomla dengan baik.

Joomla adalah produk yang merupakan percabangan dari software CMS portal yang telah ada sebelumnya yang bernama Mambo. Pencabangan ini disebabkan adanya permasalahan antara komunitas open source yang mendukung Mambo dengan Miro International PTY Ltd, yang merupakan pemegang brand Mambo tersebut. Pengembangan Joomla pertama kali adalah pada hari kemerdekaan Indonesia ke-60, yaitu pada tanggal 17 Agustus 2005.

Inti permasalahan kenapa Joomla dibuat terpisah dari Mambo karena para pengembang Mambo merasa ketentuan struktur organisasi yang dibuat bertentangan dengan perjanjian sebelumnya, yang telah disepakati oleh steering commitee dan tidak dibuat dengan berkonsultasi dengan stakeholder utama. Para pengembang pun menilai struktur tim tersebut melanggar nilai-nilai utama prinsip open source.

Setelah berdiri sendiri, Joomla mengeluarkan rilis pertamanya bernama Joomla 1.0.0 pada tanggal 16 September 2005. Versi pertama ini merupakan pemaketan ulang Mambo versi 4.5.2.3 yang dikombinasikan dengan perbaikan keamanan. Setelah itu, versi-versi berikutnya dirilis secara teratur. Pada Januari 2008, Joomla memiliki versi rilis 1.0.14 RC1. Tanda RC merupakan singkatan dari Release Candidate. Namun resminya, Joomla memiliki 2 versi rilis, yaitu rilis 1.0.x dan 1.5.x. Dua-duanya memiliki fitur yang sama dan kita bebas untuk menggunakan rilis yang kita sukai.

Wah..wah..kerenkan...oke yang mau belajar jauh tentang JOOMLA silakan Download disini




0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda