Senin, 03 Agustus 2009

Analisis log linier dan analisis logit serta contoh aplikasinya

0 komentar
Analisis log linier

•Data yang digunakan dalam analisis log linier adalah data yang bersifat kategorik dan dapat dibentuk dalam suatu tabel kontingensi.
•Analisis log linier digunakan untuk menganalisis pola hubungan antar sekelompok variabel kategori yang mencakup asosiasi dua variabel, asosiasi tiga variabel atau lebih, baik secara simultan maupun secara parsial. Pola hubungan antar variabel dapat dilihat dari interaksi antar variabel itu sendiri. Analisis log linier tidak membedakan antara variabel penjelas dan variabel respon.
•Dapat dilihat pola hubungan antara beberapa variabel, termasuk kemungkinan adanya hubungan sebab akibat atau hubungan kausal diantara variabel-variabel tersebut.

Analisis logit

•Analisis Logit digunakan untuk mengetahui arah kecenderungan suatu kategori dari suatu variabel penjelas terhadap suatu kategori pada variabel respon. Sedangkan
Untuk mengetahui besarnya kecenderungan digunakan odds ratio.
•Model log linier dengan kesesuaian terbaik dapat dimodifikasi menjadi model logit, jika kita tertarik pada suatu variabel tertentu sebagai variabel respon sehingga variabel-variabelnya dibedakan menjadi variabel respon dan variabel penjelas. Model logit disusun untuk melihat pengaruh kategori variabel penjelas terhadap variabel respon yang dikotomi.
untuk lebih lengkapnya baca disini

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda